Kamis, 15 Juli 2010

Tanah Air Beta

Hari minggu kemarin sepulang dari kondangan di daerah cipinang. Aku ma hubby pegi nonton, he..he.. sebenarnya pengen blanja aja tapi kok ya males, males ngeluarin uangnya wkwkwk..trus akhirnya nonton adanya pas film indonesia smua, jd pilihan jatuh pada film Tanah Air Filmnya simple banget dan dah bisa ditebak endingnya..(Seorang ibu dan anak yang mencari/ingin ktm dengan anggota keluarganya yg lain) aku pikir disana alamnya hijau dan lestari tapi dari film ini bisa dilihat betapa gersangnya timor. Aku yang masih merasakan kabut waktu jam6 pagi saat mau berangkat kerja di sekitar rumah dan segarnya alam harusnya lebih dan lebih banyak bersyukur :) walaupun sekarang musim gak jelas di Tangerang dan Jakarta dimana hujan masih saja turun walau ini bulan july dan bkn musimnya. Tapi Tetap harus mensyukuri smuanya.

Banyak seakali warga Timtim yang pro integrasi, yang memilih bergabung dengan Indonesia, saat itu terpaksa harus meninggalkan kampung mereka karena keselamatan mereka terancam. Banyak diantara mereka yang pro Indonesia waktu itu yang dibunuh oleh saudara-saudara mereka sendiri yang waktu itu berpihak pada pilihan yang berbeda, yakni kemerdekaan.

Konflik pisahnya Timor Timur sebagai bagian Indonesia waktu itu sampai sekarang menyisakan tragedi kemanusiaan. Selain pembunuhan banyak orang yang terjadi waktu itu, mereka yang selamat dan melarikan diri ke wilayah Indonesia ditampung di berbagai pemukiman pengungsi dengan kondisi yang memprihatinkan. Sekian tahun telah berlalu. Banyak diantara kita, termasuk aku, seakan lupa bahwa ada masalah yang belum terselesaikan. Kita seakan merasa urusan saudara-saudara kita yang waktu itu memilih merah putih ketimbang merdeka juga sudah selesai.

1 komentar:

  1. oh suka nonton ya kamu...btw, aku mau baca2 yg lama nih. biar semua ada komentarku hehee

    BalasHapus